Arsip Blog

Selasa, 30 November 2010



ini adalah alat transportasi darat yang biasa disebut mobil


ini adalah alat transportasi udara yang biasa disebut helikopter dan pesawat terbang


ini adalah alat transportasi roda dua (sepeda) dan roda satu (motor)

ini adalah alat transportasi darat dengan rel yaitu kereta api

Minggu, 14 November 2010

Transportasi Air, Darat dan Udara Menjadi Satu

1. Sejarah Singkat Transportasi Darat
Manusia mengawali pemindahan barang dengan menggunakan tangan dan punggungnya. Akibat keterbatasan kapasitas angkut dan jarak tempuh manusia mulai memanfaatkan hewan sebagai alat transporatsi, sehingga produktivitas, jarak tempuh dan kecepatan semakin meningkat.
Dengan teknologi sederhana dikembangkan roda dan selanjutnya dihasilkan sebagai ukuran dan tipe kereta. Sejalan dengan perkembangan dunia otomotif, mesin dan informatika, manusia berhasil memanfaatkan sumber daya alam untuk menciptakan berbagai jenis dan ukuran kendaraan.
2. Sejarah Singkat Transportasi Air
Sebelum mampu memanfaatkan tenaga angin, rakit atau perahu merupakan pilihan utama untuk angkutan barang atau penumpang di air. Dengan didukung perkembangan teknologi mesin, otomotif dan elektronika, manusia akhirnya setahap demi setahap berhasil mengatasi keterbatasan kapasitas angkut penumpang dan barang, jarak tempuh dan kecepatan dengan menciptakan perahu bermotor, kapal laut dengan berbagai jenis, fungsi dan ukuran. Teknologi penggeraknya pun berkembang, yang awalnya hanya dari kayu yang berfungsi sebagai dayung, sekarang menjadi turbin dan motor diesel.
3. Sejarah Singkat Transportasi Udara
Pemanfaatn burung merpati sebagai sarana transportasi informasi antar wilayah, bahkan antar benua, cukup untuk mengatasi kebutuhan kecepatan pergerakan informasi namun terbatas pada kapasitas angkut barang.
Belajar dari kemampuan alamiah tersebut, perkembangan teknologi otomotif, elektronik, mekanika di dalam usaha perwujudan suatu bentu teknologi yang cepat dan nyaman memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyak ke tempat yang jauh. Pesawat terbang, helikopter, hidrofoil dan jenis – jenis angkutan udara lainnya merupakan bukti hasil kerja keras manusia, bahkan kini manusia mencapai luar angkasa. Teknologi pergerakan dalam hal ini berkembang yang awalnya dari motor bakar, turbin, jet hingga roket.
Perkembangan teknologi transportasi itu sendiri mendapat dukungan besar dari bidang teknologi lainnyaseperti informatika, elektronika, mekanika dan kesemuanya terlihat semakin sedikit penggunaan tenaga penggerak alamiah, tetapi hampir setiap teknologi, penggunaan automatisasi telah diterapkan secara merata. Jadi dalam perkembangan ini, manusia menjadi operator, supervisor dalam usaha produktivitas barang, suatu indikasi yang menjukkan keberhasilan perkembangan teknologi tersebut.
Hasil pengembangan teknologi informasi tersebut antara lain disebutkan dalam contoh – contoh berikut : Dulu kereta api menggunakan batu bara, kini telah menggunakan diesel dan elektrik, perahu yang memakai dayung sekarang memakai turbin, dulu sepeda yang memakai tenaga manusia untuk mengayuh pedal, kini tinggal tarik gas.
Dari penjelasan perkembangan sarana transportasi diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa perkembangan hanya terjadi di satu jalur, maksudnya untuk transportasi darat, perkembangannya hanya mengarah ke darat juga akhirnya. Tidak sampai dari transportasi darat mampu menerobos jarak yang terbentang ke transportasi air ataupun udara.  Namun di masa dengan semakin canggihnya ilmu pengetahuan di bidang informatika, otomotif, elektronika dan mekanika manusia telah berhasil menciptakan sarana transportasi darat yang juga mampu hidup atau digunakan di dalam atau diatas air. Jadi, transportasi darat berguna juga sebagai transportasi air, begitu juga dengan sebailknya. Contohnya adalah Hovercraft (Air ke Darat), sQuba (Darat ke Air).
http://rendramm2.files.wordpress.com/2010/01/zubr1.jpg
  • Hovercraft
Hovercraft adalah suatu kendaraan yang berjalan diatas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah hovercraft (plenum chamber) melalui skir (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara didalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan hovercraft, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari propeller seperti pada pesawat udara. Gambar 1 berikut, menunjukkan prinsip kerja hovercraft. Gaya angkat hovercraft bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian kendaraan ini dapat berjalan diatas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan daratan (air), maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi.
http://rendramm2.files.wordpress.com/2010/01/squba_a1_250.jpg
  • sQuba
sQuba adalah mobil listrik pertama yang dapat berjalan bahkan menyelam di dalam air (sampai kedalaman 10 meter). Mobil sport ini pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show (March 6th – 16th, 2008). Sang pembuat, Frank M. Rinderknecht (52), Boss Rinspeed, memang terkenal atas keahliannya dalam kreasi otomotif. Dia terinsiprasi film James Bond “The Spy Who Loved Me” akan mobil yang bisa berjalan di darat maupun di air. Baginya, mobil ini seperti mimpi yang menjadi nyata. Mobil ini terdiri dari 3 bagian mesin yaitu mesin untuk menjalankan mobil di darat dan 2 mesin untuk menjalankan mobil di air. Di dalam mobil ini juga telah disediakan oksigen untuk keperluan anda bila harus menyelam.
http://rendramm2.files.wordpress.com/2010/01/milneraircar.jpg
  • AirCar
Disamping kedua terobosan di atas dimana transportasi darat mampu digunakan di air, saat ini juga telah ditemukan salah satu transportasi darat yang bisa terbang. Jadi mempunyai 2 fungsi yang pertama sebagai kendaraan di darat dan kedua sebagai kendaraan di udara. Akan enak jika di darat kena macet, Anda bisa terbang . Salah satu contohnya adalah AirCar yaitu mobil terbang buatan Milner Motors. Mobil itu bisa dikendarai di jalan. Ketika jalan macet saat jam sibuk, mobil tersebut dapat diubah menjadi pesawat. James Milner, sang perancang sekaligus pemilik Milner Motors, mendesain mobil itu bersama sang putra, Chris Milner. AirCar punya empat kursi, empat pintu, dan empat roda seperti halnya mobil. Tapi, di bagian moncong ada sayap pendek. Bagian belakang dilengkapi sayap “raksasa”. Dalam beberapa detik, sayap yang panjang itu bisa dilipat dan berbentuk kotak menutupi dua baling-baling di belakang. Mobil terbang dengan berat sekitar 3.000 pounds (sekitar 1.500 kg atau 1,5 ton) itu punya kemampuan jelajah 1.000 mil (sekitar 1.609 km). Sopir (atau pilot) menggunakan kemudi tradisional, seperti pada mobil.
Disamping itu ada juga pesawat yang bisa berjalan di atas air. Dengan perkembangan teknologi di dunia mesin,elektronika , mekanika dan informatika saat ini dan mendatang, maka suatu saat nanti tidak mentutup kemungkinan akan adanya satu kendaraan yang mampu hidup di 3 alam tersebut (air, darat dan udara) seperti di film – film kartun, James Bond. Ya mungkin meskipun performanya tidak sesempurna kendaraan yang hanya dikhususkan di satu dunia, namun dengan adanya kendaraan tersebut kita bisa menerjang atau melewati berbagai medan. Karena apapun pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Untuk kelemahan di transportasi yang menjadi satu ini mungkin ada fitur – fitur dari transportasi yang dikhususkan di dunianya tidak terdapat disini.

Sabtu, 13 November 2010

Perkembangan Teknologi Transportasi

Istilah transportasi mungkin agak asing bagimu. Sebenarnya transportasi sama dengan pengangkutan. Mengangkut adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk menganggut penumpang atau barang. Sejak kapan manusia mengenal alat transportasi? Sejak dahulu orang sudah mengenal alat angkutan walaupun sangat sederhana. Mereka menggunakan tenaga hewan bahkan tenaga manusia sebagai alat transportasi. Dengan berkembanganya ilmu pengetahuan teknologi transportasi sekarang telah mengalami perubahan yang sangat pesat.

Teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Secara garis besar alat transportasi dapat kita kelompokkan menjadi tiga yaitu transportasi darat, air dan udara.
1) Transportasi darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/a/a8/Kuudaaa.JPG
Image:angtrain.JPG
Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.
2) Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.
Image:perahu kapal modern.JPG
3) Transportasi udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
Image:pesawat heli.JPG

Perkembangan Teknologi Transportasi (Pengantar Transportasi)

Sejak dahulu manusia sudah mengenal transportasi atau pengangkutan, mulai dengan cara pengangkutan yang sederhana dengan sistem transportasi barang diatas kepala atau menjunjung atau menggunakan gerobak barang yang ditarik oleh hewan. Oleh karena perkembangan tingkat peradaban manusia, kebutuhan akan sarana transprotasi juga meningkat sehingga bermuncullan penemuan-penemuan baru dibidang infra- dan suprastruktur transportasi.
Perkembangan teknologi sarana transportasi berlangsung secara evolusi melalui beberapa tahapan pertumbahan sebagai berikut;
  1. Tahap immobilitas dan masyarakat tradisional, pada masa ini kegiatan pengangkutan masih terbatas dan hubungan keluar daerah belum ada. Kehidupan perekonomian masih tertutup dan kegiatan perdagangan masih belum tumbuh.
  2. Tahap perbaikan sarana transportasi dan pertumbuhan perdagangan, yang ditandai tumbuhnya kegiatan perdagangan dimasyarakat. Pengangkutan diperlukan untuk memperluas pemasaran keluar daerah.
  3. Tahap menuju stabilitas dan tingkat hidup yang lebih tinggudicapai setelah dimulainya atau setelah mekanisasi alat transportasi yang sejalan dengan tumbuhnya kegiatan industri dimasyarakat.
  4. Tahap motorisasi, hal ini ditandai dengan bertambahnya ketergantungan masyarakat pada angkutan motor, seperti truk, kapal motor, pesawat terbang dan sebagainya. Pembangunan jalan raya dan kepelabuhan juga dikembangkan atau diperluas sehingga masyarakat tidak hanya tergarrtung kepada angkutan lain dan dapat membuka daerah-daerah baru/ yang sebelumnya tidak terjangkau.
  5. Tahap peningkatan teknologi motorisasi seperti teknologi penerbangan dan teknologi kapal-kapal cepat dan sebagainya, merup kan penaklukan perbedaan jarak dan disertai peningkatan.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi

Kita telah mengetahui berbagai jenis teknologi baik di masa lalu maupun di masa kini. Setelah mengetahuinya kamu tentu dapat membandingkan teknologi masa lalu dengan teknologi masa kini. Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada penjelasan di atas yang banyak nampak adalah kelemahan teknologi masa lalu dan kelebihan teknologi masa kini. Misalnya teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat. Namun sebenarnya teknologi masa lalu juga memiliki kelebihan. Sebaliknya teknologi masa kini juga memiliki kelemahan. Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan, angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu memiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi. Baik polusi udara, polusi suara maupun polusi lainnya. Sedangkan teknologi masa kini memiliki kelebihan prosesnya cepat. Namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan napas menjadi sesak.
Image:kendaraan berm,otor.JPG
Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan lalu lintas. Baik di darat, laut maupun udara. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor manusia yang lalai dan ceroboh.
Image:kecelakaan pesawat.JPG
Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi. Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kalian yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara
kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.
Untuk itu saat ini masyarakat banyak dihimbau agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bahkan di Jakarta dilarang menggunakan mobil yang isinya kurang dari 3 orang. Hal ini selain menghindari kemacetan juga mengurangi polusi udara dan suara. Marilah kita pilih teknologi yang ramah lingkungan!

Video

Loading...

Share it